Laman

Sabtu, 10 Desember 2011

My opinion

He'eh..ini sih terinspirasi beberapa waktu yang lalu,waktu tuh aku diajak ayah mama ke tanjung luar...pasar ikan di daerah Lombok timur.Tanjung luar ini sih denger-dengernya paasar ikan terbesar di pulau Lombok.Ada banyakmacam ikan yang dijual..sampai ikan hiupun ada :D dan mereka udah mempunyai pelanggan tetap...contoh buat ikan-ikan yang udah busuk aja udah ada pelanggannya dari solo,,ikan-ikan ini  dijadikan bahan pembuat pakan ikan-ikan tambak,atau yang dikenal dengan pelet.

Sekilas pembukanya...selanjutnya kita masuk ke tahap permasalahan mulai muncul :D #Jadi bahasa indonesia :D

Waktu tuh aku juga ngeliat Doking( tempat untuk perbaiki kapal-kapal nelayan yang rusak),
yang beton penyanggahnya tuh gede banget...ayahku bilang pemerintah udah ngabisin dana yang besar buat bikin doking itu,tapi sayang banget kondisinya sekarang udah nggak layak pakai. Rantai  buat narik perahu aja udah karatan,keropos,dan banyak yang hilang diambil orang.atapnya yang terbuat dari seng udah pada lepas,,kayunya mungkin udah pada lapuk juga tuh.
Selain Doking...disana juga ada aula gitu..tapi kondisinya sama aja ma doking tadi.Udah nggak layak pakai.Jendela udah pada bolong..pintuudah rusak pastinya,atapnya juga udah pada lepas gatau nasibnya.
Oh ya masih satu lagi....
Penyaringan limbah-limbah ikan juga sudah dibuatkan pemerintah untuk masyarakat disekitar sana agar limbahnya nggak langsung turun ke laut sehinggamembuat air laut tercemar,,tapi apa???
nggak digunakan..malah sekarang penyaringan limbah itu penuh dengan sampah.ckckckck....

Nah,,perlu aku uraikan juga penyebab masyarakat nggak menggunakan fasilitas dari pemerintah itu sepertinya ya?
Tentang doking..kata masyarakat setempat berdasarkan wawancara singkat kemarin,,mereka bilang,,di sisi lain wilayah mereka,ada doking juga buatan para penduduk setempat.Sederhanaa sih..tapi nggak bayar,,sedangkan doking disini(tanjung luar) diharuskan membayar.Masyarakat jadi menentang pembangunan doking disana.

Oke deh...mungkin yang untukdoking ada alasan...tapi tempat penyaringan limbah???aulaa???
Menurutku sih itu kurangnya pengetahuan dan kesadaran penduduknya aja...
Membuang sampah ditempat penyaringan limbah,sehingga akhirnya limbah-limbah ikan langsung saja dibuang kelaut oleh penduduk setempat suatu saatakan memberikan dampak negatif bagi penduduk itu sendiri,,dan..siapa kira-kira yang bakal disalahkan oleh penduduk-penduduk itu???
P.E.M.E.R.I.N.T.A.H.
Jelas banget kayanya ya??

Kok aku jadi merasa itu nggak adil buat pemerintah ya???kasian juga sih pemerintahnya...banyak urusannya.waktu dia udah ngerasa memeperbaiki yang satu...dia urusin yang lainnya...eh yang satu nih tadi bermasalah...serba repot...
Disisi lain,,aku merasa masyarakatnya sendiri juga harus sadar...jangan dikit dikit demooo....masak setiap kemauannya harus dituruti saat itu juuga?? Nganntriiii cuy!! daerah lain juga butuh perhatian pemerintah....harusnya akktif  tuh waktu pas daerahmu lagi direncanain ma pemerintah pengembangannya.Keluarin semua unek unekmu...mumpung pas lagi waktu buat daerahmu.
Diluar waktu tentu aja bisa mengeluarkan pendapat,tapi jalannya jangan demo donk! demo tuh rawan dengan anarkisme...bisa mencoreng nama daerah juga.Lebih baik,,lewat web-web pemerintah,,atau jejaringan sosial lainnya...lebih enak rasanya...

Ini hanya opini saya sendiri...selebihnya terserah teman-teman semua beranggapan apa..:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar